Selasa, 28 Februari 2017

PEMAKNAAN KEWARGANEGARAAN DARI TEORI KLASIK DAN KONTEMPORER



          Kewarganegaraan  dalam tradisi budaya barat diawali sejak zaman yunani kuno dan romawi . kemudian merambah ke Negara Amerika serikat dalam teori klasik yang dijelaskan oleh Alexis de Tocquiville ( 1805 – 1859 ) Makna dari "kewarganegaraan," merupakan sebuah konsep yang telah menginformasikan pemahaman bangsa melalui praktek mengajar sejak pertama  sekolah dilembagakan atau dengan istilah kata sejak sekolah menjadi sebuah lembaga pendidikan. Artikel ini menyajikan konsep kerangka berfikir untuk wacana yang  membangun makna kewarganegaraan dalam budaya kontemporer Barat, khususnya Amerika Serikat. Dengan menggunakan analisis wacana, penulis meneliti teks-teks yang berkaitan dengan kewarganegaraan dan citizenship education  dari 1990 sampai 2003. Dan kemudian mengidentifikasi tujuh kerangka berfikir yang  berbeda. mengenai makna kewarganegaraan. ‘’The sipil republikan" dan "liberal"  sebuah kerangka kerja yang paling berpengaruh dalam membentuk pendidikan kewarganegaraan  saat ini.  Orang – orang    yang paling aktif menentang praktek tentang kewarganegaraan .di arena kehidupan politik  transnasional dan kritis. Sebuah wacana yang belum berpengaruh secara signifikan menantang wacana dominan, mengenenai   pendidikan kewarganegaraan di sekolah. Artikel ini mempertanyakan pendapat  yang dituangkan dalam  kehidupan  demokrasi Barat yang dipromosikan oleh wacana dominan tentang pendidikan  kewarganegaraan di kurikulum K-12 sekolah.

Apa artinya menjadi  warga negara ? Istilah  dari sebuah pertanyaan yang memiliki arti   kompleks dan berkembang. Kita mulai dengan definisi yang sederhana namun komprehensif. Kewarganegaraan disajikan dalam beberapa  bentuk contohnya :
 a.  memberikan status keanggotaan untuk individu dalam unit politik
 b.  menganugerahkan identitas pada individu
 c.   merupakan seperangkat nilai-nilai, dan biasanya ditafsirkan sebagai komitmen     untuk      kebaikan bersama dan kelompok  politik tertentu
d.   melibatkan ahli dalam peningkatan partisipasi dalam proses kehidupan politik dan  menggunakan pengetahuan dan pemahaman tentang hukum. Sistem proses dan tata kelola  (Enslin, 2000).

Diderot dan d'Alembert pada tahun 1753 mendefinisikan Seorang warga negara adalah anggota dari komunitas politik yang menikmati hak-hak dan mengasumsikan tugas keanggotaannya. Definisi  ini berkenaan dengan variasi - variasi kecil, dalam karya-karya penulis kontemporer serta dalam entri "citoyen". Hal yang demikian itu juga menyebabkan adanya Perbedaan yang terjadi pada  diskusi abad ke-18 dan perdebatan kontemporer yang signifikan. Yang membahas  hubungan antara konsep 'warga' dan 'subjek. seperti pendapat Hobbes yang menentang  teori kontemporer dan sangat mendukung    Aristoteles , hobbes berpendapat bahwa pengertian tersebut dianggap kurang sentral.            perdebatan  yang luas mengharuskan masing – masing  teori untuk memeriksa kembali konsep – konsep  pertama,yang harus sejalan dengan  kebutuhan untuk mengakui keragaman internal demokrasi, yang ditimbulkan oleh globalisasi di wilayah, negara berdaulat.

Kewarganegaraan, sejatinya secara teoritis memberikan hal – hal   terhadap anggotanya diantaranya ialah :  idientitas keanggotaan , nila- nilai , dan hak partisipasi dalam mengasumsikan  pengetahuan politik.            
D
idalam teori klasik Pembahasan yang terfokus terhadap pengertian tentang "Kewarganegaraan dan Kelas Sosial" (195.011.998). Inggris Sosiologi
 T. H.   Marshall .Yang mengartikan  pemahaman tentang pengertian kewarganegaraan dalam masyarakat lebih dari tiga abad. Warganegara atau individu memiliki hak untuk berbicara, beriman, yang kemudian lembaga Negara muncul sebagai kekuatan di Inggris pada abad ke-18. ketika sistem politik negara  kapitalis  melakukan perlindungan hak milik, persamaan di depan hukum, dan kebebasan sipil (Katz, 2001). politik kewarganegaraan merupakan suatu hak untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan kekuasaan politik, sebagai bagian yang diinvestasikan dengan otoritas politik atau sebagai pemilih.   sebagi  anggota warganegara dan masyarakat yang memiliki peran didalamnya,  seperti yang dikembangkan di abad 19,  ketika kelompok masyarakat  dibedakan, yaitu pengusaha sebagai kelas menengah dan pekerja sebagai kelas bawah. (Marshall, 1994)


Top of Form
Knigh Abowitz & Harnixh

       kewarganegaraan dalam pemahaman sosial muncul pertama kali  pada abad ke-20 yang  mencakup berbagai hak. Mulai dari hak kesejahteraan ekonomi dengan jumlah sedikit dan keamanan untuk  jumlah banyak,untuk berbagi dengan penuh integrasi  sosial dan menjalani kehidupan sebagai makhluk yang berkepribadian sesuai dengan standar yang berlaku di masyarakat.
 (Marshall. P. 94).Dalam notcs Katz. "Kewarganegaraan sosial mengambil bentuk sebagai negara kesejahteraan  ( halaman. 344).  dengan tiga kategori kewarganegaraan,sipil, politik, dan sosial.  baik kompleksitas maupun  sifat dinamis dari makna kewarganegaraan.
yang kemudian terjadi perubahan politik setelah setengah abad lamanya dan kemudian jatuhnya komunisme, munculnya gerakan-gerakan populis yang memperluas hak-hak sosial bagi kelompok tertindas, pembentukan Uni Eropa. proliferasi aliansi transnasional, pertumbuhan multi perusahaan national, dan globalisasi ekonomi telah menyababkan perdebatan dan pemahaman poin-poiin  yang lebih mendalam dalam pencarian arti tentang kewarganegaraan yang sebenarnya, demokrasi dan sekolah (Kymlicka & Norman, 1994).

Kemudian muncul  Pertanyaan tentang apa itu  warga negara yang baik dan pendidikan kewarganegaraan yang tepat, juga telah dipicu oleh krisis secara luas dirasakan dalam kehidupan kewarganegaraan  dan berdemokrasi di Amerika. Yang kemudian Tumbuh ketidak percayaan dalam pemerintahan dan lembaga-lembaga penting lainnya, berkurangnya  kepercayaan sesama warganegara , mengikis kepentingan di dalam kehidupan masyarakat urusan – urusan  publik, penurunan tingkat semua suara telah didokumentasikan oleh para ilmuwan sosial di beberapa dekade terakhir (Gaiston. 2003). Kami terus menyaksikan pergeseran  arti kewarganegaraan dalam waktu ini. Peristiwa September II 2001, diskusi tentang Citizenship dan pendidikan kewarganegaraan. Ironinya dari perdebatan  saat itu   justru terlihat   meningkatnya rasa  nasionalisme  warga Amerika, setelah peristiwa perang dunia Il,  pertumbuhan kesadaran perspektif transnasional dan kosmopolitan  kewarganegaraan, yang telah meningkat sejak akhir Perang Dunia II. ekspresi nasionalis, dan ironisnya fenomena yang terjadi  justru dikombinasikan dengan  hubungan global  untuk individu lain dan bangsa lainnya, yang mana telah lebih intensif dan rumit  sehingga peran sekolah  membentuk warga negara yang demokratis menjadi lebih sulit.
Studi kami
ini bertujuan untuk memetakan beberapa wacana kewarganegaraan yang beredar di demokrasi Barat kontemporer, khususnya  Inggris. Melalui penelitian ini kami menggambarkan pola makna dari kontemporer, yang berkenaan dengan warganegara , dan mengungkapkan wacana yang  muncul dalam bentuk pendidikan kewarganegaraan di sekolah. akhirnya sebuah dominasi dilanjutkan dengan  wacana kewarganegaraan sipil republikalisme dan liberalisme di kurikulum K-l2 dan kebijakan teks.
Hal yang umum tentang dua wacana kewarganegaraan yang menonjol di sekolah memungkiri arah dinamis dan kompleks tentang makna kewarganegaraan yang baru-baru ini telah dikembangkan dan sering bertentangan dengan wacana dominan dalam hal ini kekuasaan sebelumnya. Gambaran dari praktek dan teori kewarganegaraan di ruang yang  kritis dan transnasional, analisis kami pada akhirnya memberikan kritik ringan dan sempit, pola pandangan hidup politik dalam demokrasi Barat yang dipromosikan oleh wacana - wacana dominan, dalam kewarganegaraan di kurikulum K-12 sekolah.

Studi dan Metode Ini bertujuan Untuk melihat lebih dekat tentang   gagasan bahwa kewarganegaraan bukanlah ide alami tapi konsep yang diciptakan sehinga menggeser perubahan ekonomi, politik, dan sosial. kita meneliti wacana yang membentuk makna kewarganegaraan. "Wacana" digunakan di sini dalam pengertian sebagai badan peraturan dan praktik yang mengatur makna di daerah tertentu. Sementara jumlah tinjauan yang baik dalam sastra kewarganegaraan yang tersedia untuk pendidik, tidak hanya  fokus tentang  kewarganegaraan sebagai praktik diskursif, pemahaman kewarganegaraan melalui kerangka diskursif dapat memberikan pendidikan nilai  (Foucaultian 1972)

Wacana kontemporer merupakan alat yang mampu untuk mengkritisi menganalisa arti yang bervariasi dan sering bersaing dalam agenda kepentingan yang membentuk teks pada kewarganegaraan. Peninjauan teori kontemporer lebih diterapkan teks yang berfokus pada kewarganegaraan atau pendidikan kewarganegaraan, mengidentifikasi melalui ulasan ini sejumlah wacana yang membentuk cara kita berbicara, berpikir, dan mengajarkan tentang kewarganegaraan. teks kewarganegaraan seperti semua teks-teks lain dibentuk oleh kepentingan politik dan visi tertentu demokrasi negara-bangsa harus menganalisis wacana yang memungkinkan kita untuk memahami bagaimana kepentingan tersebut mengungkapkan dan membentuk makna dari kehidupan sipil dan pendidikan citizenship.
Wacana tidak
hanya terdiri dari kata-kata dan pernyataan yang dipilih secara acak, setiap wacana adalah produk dari keadaan sejarah dan sosial yang menyediakan praktik- diskursif terminologi, nilai-nilai, gaya bahasa, kebiasaan, dan kebenaran-yang membangun  ( lihat Chcrryholmcs, 1988, hlm. 2-3    
Wacana adalah cara utama menghasikan ideologi. dan ideologi dikembangakan oleh sistem kepercayaan yang membantu orang lain untuk memahami dan bertindak di dunia. "Ideologi adalah kerangka berpikir dan perhitungan tentang dunia
'ide' yang digunakan orang untuk mencari tahu bagaimana dunia sosial bekerja, tempat mereka di dalamnya, dan apa yang harus mereka lakukan (Hall, 1986, p. 97)
secara khusus ditentukan jenis kegiatan pengetahuan dan pembelajaran yang merupakan  pendidikan kewarganegaraan dan kurikulum yang dimaksudkan untuk mengajar siswa. Sebuah analisis tekstual dilakukan pada karya-karya ini, dengan fokus khusus pada masing-masing aspek-aspek teks berikut:

a.  klaim dan bukti diteruskan oleh penulis
b.  pilihan retoris yang dibuat oleh penulis (kosakata, slogan, gaya)
c.   nilai-nilai moral dan politik yang dianjurkan oleh teks
d.   konteks mana atau di mana teks diproduksi.
Jadi kami menguji setiap teks dengan bertanya: Apa iklan penulis untuk mengungkapan yang digunakan untuk identitas keanggotaan, identitas politik, nilai-nilai, partisipasi, dan pengetahuan? Apa jenis  nilai-nilai pendidikan yang digunakan penulis ?
Setelah bekerja melalui analisis, kita identitas  pola bagaimana kewarganegaraan dikonseptualisasikan, pola yang bisa dilihat dari pergeseran bahasa yang digunakan untuk menggambarkan kewarganegaraan, perbedaan klaim tentang apa kewarganegaraan, dan perbedaan dalam nilai-nilai dikaitkan dengan kewarganegaraan. Sementara cita-cita yang berbeda lebih khusus dan jelas digambarkan dalam teks ilmiah yang kami pelajari, kami melihat mereka muncul dalam teks-teks dan Pola yang pada akhirnya menjadi diidentifikasi sebagai wacana kewarganegaraan yang berbeda. Tujuh wacana Citizenship muncul melalui penelitian yang  Kami tinjau yang pertama mendominasi wacana-sipil, republik dan liberal. Selanjutnya, kita membahas data THC yang kami kumpulkan  secara   kritis , karena mereka menantang wacana2  pilar  sipil republik dan liberal dalam masyarakat kita. Wacana kritis ditinjau di sini termasuk feminis, rekonstruksionis budaya tradisonal.  Dalam ulasan ini, kami menggambarkan karakteristik luas masing-masing bidang dan bagaimana setiap wacana diaktualisasikan atau dinyatakan dalam kurikulum sekolah. Kami menganalisis pergeseran makna kontemporer kewarganegaraan dan pendidikan kewarganegaraan di Amerika Serikat yang menyediakan pendidikan dengan panduan untuk orientasi  ideologi yang beragam membentuk pemikiran kita tentang kehidupan sipil dan partisipasi politik.

Kami menarik dua kesimpulan umum dari ulasan ini. Kami menemukan pergeseran Dominan dari gagasan kewarganegaraan kepada bidang kontemporer yang baru muncul. Wacana republik dan liberal sipil terus mendefinisikan dan kuat membentuk bagaimana masyarakat AS memahami kewarganegaraan dan cara-cara di mana lembaga-lembaga masyarakat, seperti sekolah, sehingga membentuk kewerganegaraan. Namun kami juga menemukan banyak tantangan kuat untuk gagasan-gagasan dominan kewarganegaraan dan kehidupan sipil, sosial, politik, dan ekonomi  Dalam seratus tahun terakhir, yang mana telah terinspirasi dalam bentuk-bentuk baru. cita-cita kewarganegaraan dalam bentuk cabang rekontruksi budaya feminisme.  wacana kewarganegaraan telah mengembangkan atau mempertahankan semangat sebagai akibat dari janji-janji yang tak terpenuhi dari wacana republik , liberal sipil  untuk betuk baru lembaga sipil, identitas keanggotaan. Wacana ini lebih penting juga harus disertai dengan cita-cita kuno kosmopolitanisme dan transnasionalisme, yang mengarah ke makna baru dan bentuk praktek pendidikan kewarganegaraan. sebuah wacana yang  signifikan di abad ke-20 merupakan tantangan  cara-cara berpikir. Namun, tantangannya jauh lebih kuat dalam buku ilmiah dalam kehidupan politik dari dalam teks utama kurikulum yang kami review.  
Review teorinya terfokus pada teori teks dan kurikulum. Fokus teks pada :
a.       Klaim dan bukti
b.      Pilihan teoritis pada kosa kata, slogan dan gaya bahasa
c.       Nilai –  nilai  moral dan politik
d.      Konsteks dimana teks diproduksi

Analisis teks kewarganegaraan melalui  pergeseran bahasa yang digunakan dalam mengambarkan kewarganegaraan, perbedaan klaim tentang kewarganegaraan, dan perbedaan dalam nilai – nilai kewarganegaraan. Wacana kewarganegaraan melalui wacana dominasi sipil republik dan liberal. Selanjutnya terjadi penetangan terhadap wacana sipil republik dan liberal karena ditinjau dari sisi feminisme, pembangunan budaya tradisional.
Wacana baru pada abad ke 20 merupakan tantatangan cara – cara berpikir dari aktifis, pemikir politik dan masyarakat.kritik dari fundamentalis terhadap makna kewarganegaraan dan bangsa, sehingga melahirkan pertanyaan dasar tentang identitas anggota (sebagai siapa dalam negara), hak milik, lokasi dan batas – batas negara. Sehingga sikap kritis dari aktifis, pemikir politik, dan masyarakat melahirkan demokrasi
Wacana kontemporel kewarganegaraan mendeteksi konflik antara cita – cita politik dan keyakinan moral dan agama. politik leberalisme juga fokus pada otoritas moral dan budaya keluarga dalam posisi yang benar dalam memahami keberagaman. Selain itu dalam wacana politik liberal membutuhkan identitas yang tidak otonom, terpisah dari keyakinan,dan kebebsan dalam berpikir. Tylor(1995) dua sisi politik liberal kewarganegaraan yaitu warga negara mendapatkan perlakuan yang sama dan warga negara berhak dalam pemerintahan. Liberal politik ini semakin kuat pada tahun 1990 dan mulai terlihat dalam pendidikan kewarganegaraan dan praktek negara. Lahirnya nilai – nilai kesopanan, menghargai pendapat orang lain, keterampialan pengetahuan mengukurperyataan dari orang lain. Pada tahun 1991 lahirnya konsep kemerdekaan, keterbukaan pikiran, menghormati hak orang lain, mengevaluai kinerja dikantor, dan terlibat dalam wacana publik.
Foundation national issuccs forum institute tahun 2003 menyelenggarakan forum tentang kebijakan plubik untuk sekolah dan masyarakat, berakar dari gagasan sedrhana tentang perlunya tentang masalah umum dengan cara yang sama terhadap pengenalan standar kurikulum yang mana ilmu sosial harus membantu dalam hal ini.

Liberalisme politik mengisyaratkan bahwa didalam pendidikan harus mencangkup hal-hal seperti pengetahuan tentang konstitusional dan hak-hak sipil. Teks liberal biasanya mencoba untuk menyeimbangkan pendidkan dan tanggung jawab dan kerjasama dengan pendidikan untuk mempromosikan hak-hak individu dan kelompok. Pengalaman pendidikan yang akan muncul dengan sendirinya dalam mengajarkan siswa tentang hak-hak mereka dan kemudian membantu mereka untuk memahami bahwa hak disertai dengan tanggungjawab. Fokus yang signifikan dalam wacana politik liberal pada pembelajaran nila-nilai dan keterampilan yang diperlukan untuk mengambil bagian dalam kehidupan politik beragama dan berbudaya. Dalam negara multikultural, sekolah harus terus menerus membuat dan menciptakan warga negara dan bangsa yang baik. Wacana liberal politik kewarganegaraan melihat sekolah umum sebagai tempat yang memiliki aturan dalam pembentukan warga negara yang demokratis.
Nilai-nilai normatif yang berkaitan dengan menghormati dan toleransi, serta keterampilan kognitif dan sosial. Kurikulum di ohio mencakup studi perlawanan sipil dan periode dalam sejarah dimana beberapa hak dibatasi oleh pemerintah seperti era McCarthy dan Scare merah dari 1950. Di california, siswa belajar tentang simbol AS, ikon, dan tradisi ditingkat pertama. Boyer (1990) mengatakan bahwa pendidikan kewarganegaraan mengajarkan siswa untuk berpikir kritis dan komunikasi dengan kekuatan dan ketepatan. Tahun 2001 isu pendidikan sosial berfokus pada respon pendidikan untuk perang, dan penekanan ditempatkan pada musyawarah dan berfikir kritis. Sebuah dorongan lebih lanjut untuk berpikir kritis ditemukan dalam sebuah artikel keterampilan berpendapat bahwa siswa perlu belajar untuk mempertanyakan dan menganalisis pesan media tentang terorisme dan perang. Pendidikan kewarganegaraan disekolah umum harus membantu untuk menumbuhkan loyalitas nasional dan cinta bangsa tanpa membahayakan komitmen liberal serta dasar kebebasan dan juga memiliki patriotrisme.




Ide patriotisme merupakan suatu ide yang fundamental yang harus dijaga dan dipelihara oleh warga masyakat, Webseii berpendapat patriotisme yaitu ide-ide dan prinsip-prinsip yang bukan berasal dari garis keturunan, tradisi atau pesona loyalitas melainkan dari rasa kesadaran dan empati terhadap bangsa dan Negara sehingga patriotisme menanamkan rasa loyalitas terhadap bangsa dan Negara dengan sangat tinggi. Kemudian replubikanisme sipil dan liberalisme politik memberikan kerangka ideologis yang kemudian membentuk pemikiran tentang kewarganegaraan dimana dalam prakteknya kewarganegaraan secara aktif diperaktekan dalam alam sipil secara keseluruhan.
Pada kontemporer kewarganegaraan banyak menyatakan tentang bagaimana kewarganegaraan dibentuk dalam pemikiran secara konstruksi, budaya menginterogasi bagaimana etnis, dan kelompok-kelompok budaya lainnya mempunyai peran dan identitas yang sangat penting seperti halnya identitas kewarganegaraan.
Dalam Negara demokrasi terdapat berbagai pandangan terutama menyangkut pengertian demokrasi, Demokrasi sering dihubungkan dengan hak gender, konsep patriaki diperlukan perubahan sampai cita-cita itu terwujud. Selama ini terjadi perbedaan antara masyarakat yang satu dengan lainnya dalam konsep kewarganegaraan. Sebelum lahirnya Negara demokrasi kebebasaan masyarakat sering didikte oleh pemerintah . Dalam berbagai pandangan terdapat bahwa demokrasi kurang demokrasi apabila hak-hak warganya kurang diperhatikan oleh pemerintah.
Oleh karena itu diperlukan pendidikan kewarganegaraan setiap warga Negara. Dalam bidang pendidikan kewarganegaraan sering dikaitkan dengan fakta dilapangan dimana setiap warga Negara harus netral dan kritis dalam memandang setiap permasalahan yang ada yang menyangkut berbagai permasalahan yang menyangkut permasalahan kewarganegaraan. Pada dasarnya  pendidikan kewarganegaraan pada masa sekarang lebih demokrasi karena terdapat berbagai hak yang harus diberikan kepada warga Negara.
Demokrasi  memberikan kesempatan terhadap masyarakat terutama dalam hal partisipasi masyarakat secara global. Masyarakat diberikan kesempatan untuk membuka lembaga swadaya masyarakat, organisasi masyarakat. Sebelum lahirnya Negara demokrasi  terdapat perbedaan yang nyata dimana terjadi dua tradisi yang berbeda satu sama lainnya.
Demokrasi di era kontemporer  The Power of Speed maksud nya adalah kecepatan menguasai safari, perebutan massa, kecepatan menguasai media.

















Landasan  filosofis  Pendidikan Kewarganegaraan

               Ada sedikit yang secara moral " netral " tentang pendidikan kewarganegaraan - upaya untuk melatih para generasi muda untuk menjadi warga negara yang baik dan untuk terlibat dalam kehidupan bermasyarakat . Orang – orang yang telah memiliki pengetahuan  sejarah , kewarganegaraan , atau studi sosial , yang membimbing remaja dalam proyek pelayanan masyarakat , atau yang merekrut pemuda sebagai aktivis umumnya melakukan hal  untuk " alasan normatif karena nilai-nilai yang mereka pegang dan ingin berbagi dengan orang-orang yang lebih muda . Mereka berusaha untuk memberikan peahaman  nilai-nilai dan kebajikan untuk membantu generasi muda dalam  membangun dan mempertahankan masyarakat yang lebih baik mendekati cita-cita tersebut.
Demikian juga , kebanyakan sarjana yang mempelajari dan mengevaluasi pendidikan kewarganegaraan itu  karena prinsip-prinsip moral menuntut mereka sendiri . Mereka telah memilih untuk memberikan pelayanan  masyarakat atau ikut berorganisasi bukan hanya sekedar hubungan pembelajaran saja, karena sesuatu hal  tentang pendidikan kewarganegaraan sangat berharga bagi mereka . Namun mereka yang mempelajari dan mengevaluasi program pendidikan kewarganegaraan sering kali berdiam diri. Karena  mereka tidak yakin tentang nilai-nilai.

Alasan normatif  Pendidikan Kewarganegaraan
               orang yang dipandang sebagai  " warga negara yang baik " dapat dilakukan dalam berbagai cara : 
misalnya , sebagai masyarakat yang taat aturan  , sebagai kritikus yang  independen dari lembaga-lembaga 
politik , sebagai penyuara hak , dan sebagai pendukung keadilan sosial . Orang  yang berlatih atau yang
 mempelajari pendidikan kewarganegaraan , atau melakukan hal – hal diatas tersebut , memiliki pengaruh
 besar atas terhadap kaum muda, karena anak muda umumnya tidak memiliki pengalaman yang mereka 
dapat hanya pendidikan semata . Sebagai soal akuntabilitas atau hal yang dipertanggungjwabkan terhadap
 keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara. 

 
   
 
Filosofis Perspektif - Utilitarianisme
 
filsafat moral dan politik kontemporer menyediakan sumber daya yang kaya dan beragam untuk 
berpikir tentang alasan untuk pendidikan kewarganegaraan tentang pemuda dan pembangunan. 
Salah satu titik awal adalah dengan bertanya bagaimana masing-masing sekolah saat filsafat moral 
akan menilai bentuk utama dari pendidikan kewarganegaraan . 
filsafat memberikan heuristik ( seni dan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan penemuan ) 
 berguna untuk memahami dasar moral pada pendidikan kewarganegaraan
 
Filsafat & Kebijakan Publik Triwulan
Merupakan salah satu  aliran utama dari penalaran moral modern konsekuensialis. 
 Hal yang menilai tindakan atau lembaga dengan
mengukur hasil yang bersih atau memiliki efek. Bentuknya terkemuka konsekuensialisme adalah utilitarianisme, 
yang menganggap bahwa konsekuensi yang penting 
adalah ukuran kesejahteraan manusia. Kesejahteraan pada gilirannya dapat didefinisikan dalam hal kepuasan
 subjektif atau kebahagiaan, indikator objektif, seperti harapan hidup, atau kemampuan untuk memuaskan
 preferensi. Utilitarianisme telah memiliki pengaruh yang sangat besar pada ekonomi kesejahteraan dan lebih 
umum dalam  ilmu-ilmu sosial. Ini adalah doktrin etis yang menuntut dan mengharuskan kita melakukan 
apapun yang  untuk memaksimalkan kesejahteraan . Jika serius, itu akan memerlukan perubahan dalam 
kebijakan sosial, termasuk (kemungkinan besar) peningkatan besar dalam investasi pendidikan. 
Sebuah utilitarian mungkin mendukung program pendidikan kewarganegaraan karena mereka telah 
 ditemukan untuk meningkatkan kesejahteraan siswa. Misalnya, Program Peluang Quantum (QOP), 
yang didanai oleh pemerintah federal dan Ford Foundation, terdaftar ribuan remaja 
di banyak negara antara 1995 dan 2001, menawarkan peserta mentoring, bimbingan belajar,
 beberapa bantuan keuangan, dan pelayanan masyarakat peluang yang juga terlibat analisis isu-isu sosial 
dan masalah. Evaluasi menggunakan desain eksperimental benar menemukan bahwa untuk
 sekitar $ 2.500 per tahun selama empat tahun, QOP mampu mengurangi hingga 8 persen kemungkinan
 bahwa seorang siswa akan putus sekolah tinggi, dibandingkan dengan 44 persen untuk kelompok kontrol.
Untuk utilitarian, biaya program ini akan menjadi kerugian (karena harus membayar pajak  yang 
memungkinkan mungkin mengurangi kesejahteraan para pembayar pajak); tapi manfaat sosial mungkin
 lebih besar daripada biaya. Orang yang menyelesaikan sekolah tinggi umumnya lebih baik, ekonomis dan 
dengan cara lain, daripada mereka yang tidak. Mereka juga memberikan kontribusi lebih terhadap
 perekonomian, sehingga meningkatkan kesejahteraan orang lain. Memang, evaluator memperkirakan 
manfaat sosial QOP pada $ 39.037 per siswa, dan keuntungan bersih (yaitu, manfaat dikurangi biaya) 
di $ 28.427. "Latihan ini," mereka menyimpulkan, "menunjukkan bahwa QOP akan membayar dividen besar.
" Pembacaan utilitarian laporan ini akan menyimpulkan bahwa program seperti QOP yang imperatif moral, 
kecuali beberapa pendekatan lain ternyata menjadi lebih efektif. Utilitarianisme juga mendukung argumen
 terpisah untuk pendidikan politik yang efektif dan adil. Jeremy Bentham, utilitarian pertama menegaskan
 bahwa representative democracy adalah bentuk pemerintahan yang terbaik akan mempromosikan
 kesejahteraan. pemerintah demokratis yang paling mungkin untuk memenuhi kebutuhan masyarakat 
asli dan mengalokasikan sumber daya secara efisien. demokrasi kita yang sebenarnya, bagaimanapun, 
ditandai dengan partisipasi yang sangat tidak merata dan tidak merespon sama untuk kebutuhan semua 
orang. Dalam rangka mencapai representasi yang lebih adil, kita perlu membantu generasi muda untuk  
 mengembangkan keterampilan, kebiasaan, pengetahuan, dan motivasi yang akan meningkatkan partisipasi 
mereka dalam kehidupan sipil dan politik. Anak Voting USA adalah sebuah organisasi nirlaba yang
 menyediakan kurikulum, bahan, dan pengembangan profesional untuk siswa SMA di ratusan kabupaten
 di seluruh bangsa. Pengalaman yang berpuncak siswa adalah pemilihan mock dimodelkan pada pemilu
 resmi di distrik mana mereka terdaftar, tetapi ada juga diskusi intensif dan proyek-proyek kelas yang
 berhubungan dengan pemerintah dan saat ini isu-isu lokal. Evaluasi oleh
 Patrick C. Meirick dan Daniel B. Wackman menemukan bahwa program 
peningkatan pengetahuan siswa tentang politik (diukur dengan pertanyaan faktual saat ini, seperti
 "Siapa gubernur Texas?"), Mengurangi kesenjangan dalam pengetahuan antara yang paling dan 
setidaknya siswa berpengetahuan, dan meningkatkan konsistensi antara isu opinionson siswa dan 
perilaku pemilih mereka.
Evaluator mengutip bukti bahwa pengetahuan tentang peristiwa politik saat ini adalah prekursor voting. 
Voting adalah sumber daya tetapi tidak merata. Anak Voting USA "bekerja" sejauh itu berkurang 
ketimpangan politik dengan meningkatkan pengetahuan politik yang dapat digunakan dan mengurangi 
kesenjangan antara kelas-kelas sosial dalam jumlah pengetahuan politik. Alasan yang mendasari untuk 
tujuan yang mungkin utilitarian, sejak pemerintahan yang merespon sama untuk semua anggota harus 
memaksimalkan kesejahteraan agregat. Utilitarianisme tidak memberikan alasan langsung untuk melindungi
 otonomi individu atau kebebasan memilih. Utilitarian akan mendukung program-program yang meningkatkan
 kesejahteraan sosial (termasuk pendidikan kewarganegaraan) bahkan jika pemuda tidak ingin mendaftarkan 
diri. Kebanyakan orang Amerika memiliki intuisi utilitarian terhadap remaja: kita sering bersedia untuk 
menimpa otonomi atau kebebasan generasi  muda dapat  mempromosikan kesejahteraan mereka. 
Namun kita mungkin mempertanyakan siapa yang memiliki kekuasaan dan tanggung jawab dan 
apa yang membatasi apa yang harus mereka hormati.
 
Filosofis Perspektif Kantianisme
                  Tidak sama seperti utilitarianisme, Kantianisme menempatkan otonomi di pusat. 
Kant berpendapat 
bahwa kita memiliki dua tugas pokok yaitu untuk mengembangkan otonomi rasional kita sendiri, 
dan untuk membantu orang lain mengembangkan dan mengejar tujuan yang 
mereka pilih sendiri. Ukuran dari suatu tindakan tidak ada konsekuensinya, tapi kualitas kebebasan 
 jenis manusia yang teletak di belakangnya. Untuk menjadi otonom, tujuan harus dipilih secara bebas
, tetapi juga harus rasional (yaitu, diperiksa, koheren, dan mampu justifikasi publik). Sebuah Kantian
 tidak akan khawatir tentang dampak dari program sipil pada ukuran objektif kesejahteraan, seperti 
tingkat kelulusan. Namun, Kant mungkin akan terkesan dengan program atau peluang yang tampaknya 
meningkatkan otonomi peserta mereka. Program akan tampak sangat menjanjikan untuk Kantian jika 
mereka mendorong para generasi  muda untuk merenungkan masalah-masalah moral dan pilihan, bentuk 
dan mempertahankan pendapat mereka sendiri, dan bertindak sesuai aturan. semacam ini refleksi moral
 akan membuat tindakan siswa lebih mandiri dan lebih bebas memilih mana  informasi yang lebih baik.
 
Just Community (JC) pendekatan pendidikan kewarganegaraan dan moral yang merupakan contoh yang
 baik. Pendekatan ini dimulai ketika psikolog Lawrence Kohlberg dan rekan membantu beberapa sekolah 
untuk melaksanakan pertemuan masyarakat biasa yang akan membuat keputusan hampir semua penting 
setelah diskusi moral yang eksplisit, menggunakan proses demokrasi (misalnya, satu orang, satu suara; 
diskusi terbuka dan perdebatan). Seperti pemerintahan sendiri mengembangkan siswa (dan guru) otonomi, 
penalaran moral yang kritis, dan kepemimpinan serta rasa keanggotaan kelompok, ikatan kasih sayang,
 dan tanggung jawab. norma aspiratif sekolah dan nilai-nilai menjadi diwujudkan dalam aturan dan sanksi 
dan nilai intrinsik dari masyarakat. Di sekolah-sekolah JC, penalaran moral siswa secara signifikan lebih 
tinggi setelah dua sampai tiga tahun relatif terhadap siswa dalam kelompok yang sebanding.
 Untuk melanjutkan dengan contoh yang sama, Community Hanya fokus pada pemerintahan sendiri, 
di tingkat masyarakat mengarah ke pemerintahan sendiri atau otonomi di tingkat individu,
 yang diterjemahkan ke dalam kehadiran di sekolah, partisipasi kelas, dan prestasi akademik.
 Efek pada kinerja akademik akan menyerang utilitarian sebagai argumen yang kuat untuk JC; untuk Kantian, 
mereka peduli hanya sejauh sukses di sekolah menyiratkan kontrol diri yang lebih besar dan pemberdayaan 
diri dalam arti otonomi atau rasa agen gratis bagi siswa. Kedua Kantianis dan utilitarian memiliki alasan untuk 
mendukung program-program seperti QOP dan Komunitas Just (dengan asumsi bahwa evaluasi dikutip
 di atas adalah akurat). Namun, alasan mereka sangat berbeda, dan perbedaan ini penting ketika
 kita menghadapi pertanyaan-pertanyaan seperti apakah mandat KKN, apakah pemuda harus 
selalu memimpin proyek pelayanan mereka sendiri, atau apakah untuk menghitung kesejahteraan
 ekonomi sebagai hasil positif dari layanan dan sehingga merancang program dengan hasil ini atau 
bahkan insentif ini dalam pikiran. Utilitarianisme dan Kantianisme mungkin bertemu dalam pilihan
 program pendidikan kewarganegaraan, tetapi mereka akan sering menyarankan cara yang berbeda 
menerapkannya.
 
filosofis Perspectives
                  Civic Republikanisme dan komunitarianisme Civic republikanisme menawarkan sebuah sekolah 
yang relevan ketiga filsafat moral kontemporer. ide intinya adalah bahwa partisipasi masyarakat 
(berunding, berkolaborasi, relawan, advokasi, dan voting). Civic melihat peluang sipil untuk orang-orang 
muda sebagai intrinsik berharga, terlepas dari hasil mereka pada masyarakat atau bahkan pada orang-orang.
 Misalnya, proyek pelayanan satu waktu tidak mungkin untuk meningkatkan setiap hasil jangka panjang; 
sehingga memiliki daya tarik yang lemah untuk utilitarian. Tapi republiken sipil bisa berpendapat bahwa 
sekolah dan perguruan tinggi dengan masyarakat yang baik, sejauh mereka menawarkan peluang untuk
 kolaborasi dan layanan. Republiken. Civic bisa berpendapat, lebih jauh, bahwa para generasi  muda harus
 terkena kepuasan partisipasi sehingga mereka dapat memilih untuk terlibat ketika mereka dewasa. 
Mereka akan mengusulkan, bagaimanapun, bahwa bahkan satu-waktu proyek pelayanan yang berharga
 dalam diri mereka sendiri atau untuk kepentingan mereka sendiri. Sebuah sekolah keempat filsafat moral
 kontemporer, komunitarianisme, mengacu pada pada tulisan 
David Hume (1711-1776), GWF Hegel (1770-1831), 
dan sumber klasik lainnya untuk berpendapat bahwa tugas kita tidak abstrak dan umum, 
tetapi berasal dari kami
 koneksi tertentu dan kontingen ke sesama anggota komunitas dan keluarga kita sendiri, dengan siapa kita
 kebetulan memiliki sejarah umum. Ketika kita
 menyangkal obligasi ini dalam nama utilitas atau otonomi, menurut komunitarian, kita menjauhkan diri dari
 bahan dasar kehidupan yang baik. Jika seseorang mengambil pendekatan ini, satu mungkin menekankan 
partisipasi masyarakat dalam kelompok atau "identitas" yang masing-masing siswa sudah menjadi milik
 daripada masyarakat atau pemerintahan dipertimbangkan dalam abstrak atau secara keseluruhan lebih besar. 
               
Perspektif  filosofis    Pragmatisme

                    John Dewey, seorang filsuf Amerika yang menulis dan sangat dipengaruhi filsafat pendidikan selama abad ke-20, mengembangkan teori pragmatis pendidikan. Dewey menegaskan bahwa tidak ada prinsip-prinsip umum (tidak ada  proposisi universal ) yang bisa membedakan hanya lembaga dari yang tidak adil. Sifat dari masyarakat yang baik adalah sesuatu hal  yang kritis dan eksperimen ditentukan. Setiap upaya untuk mengidentifikasi dan menerapkan kriteria independen , menurut Dewey filsafat selalu "intrinsik" terhubung dengan "sejarah sosial." Skeptisisme Dewey atau relativisme historis tampaknya akan membatalkan perbedaan normatif, tetapi ia mencoba untuk membangun sebuah cita-cita positif keluar dari beberapa komitmen sederhana. Salah satu komitmen untuk belajar sendiri: sebuah masyarakat yang baik terus mengunjungi kembali dan mengubah komitmen normatif. Yang kedua adalah pengalaman: satu-satunya cara untuk belajar adalah untuk mencoba hal-hal di dunia nyata. Dan yang ketiga adalah musyawarah  belajar bekerja dengan baik ketika orang-orang dari latar belakang yang berbeda membahas, rencana, dan pengalaman bersama-sama. Oleh karena itu, dalam pandangan Dewey, lembaga-lembaga demokrasi seperti suara populer, suara mayoritas dan sebagainya berharga hanya karena "sampai batas tertentu mereka melibatkan konsultasi dan diskusi yang mengungkap kebutuhan sosial dan masalah. Semua kelompok (bahkan konspirasi kriminal) mempromosikan beberapa diskusi internal, tetapi beberapa kelompok yang lebih baik daripada yang lain. Kriteria untuk menilai kelompok adalah bukan apakah itu mendukung prinsip-prinsip yang benar (tidak ada hal-hal tersebut dapat diidentifikasi), tetapi apakah keanggotaannya beragam dan terbuka. Dua pertanyaan untuk digunakan dalam mengevaluasi suatu kelompok adalah: "Bagaimana banyak dan beragam adalah kepentingan yang sadar bersama?" Dan "Bagaimana penuh dan bebas adalah interaksi dengan bentuk-bentuk asosiasi?
Kriteria ini dapat diterapkan untuk sekolah-sekolah sebagai komunitas. pragmatis Deweyan memahami mereka sebagai lembaga di mana orang (termasuk anak muda)membuat-bukan menemukan-nilai moral. Kita  dapat menilai sekolah secara moral tidak dengan menanyakan apakah mereka telah mencapai kesimpulan yang benar tentang hal-hal seperti hak dan kewajiban, tetapi apakah diskusi             mereka beragam, terbuka, dan pengalaman. The Deweyan pembenaran untuk kegiatan seperti KKN sangat   mudah, selama "belajar" Aspek yang kuat  dan          peserta yang beragam. The Hanya Community adalah contoh sadar diri dibuat terbuka, beragam, komunitas belajar demokrasi didasarkan pada ini yang ideal Deweyan. JC teori pendidikan sebagai  pengembangan mencampur penekanan Kantian tentang otonomi  dan penalaran moral kritis dengan praktek yang sebenarnya membangun komunitas pemerintahan sendiri.

Perspektif        filosofis –
       Kemampuan         Pendekatan Seperti yang disebutkan sebelumnya, banyak filsuf yang sebenarnya menarik pada lebih dari satu tradisi dalam mengembangkan pandangan  mereka. Sebuah contoh penting dan relevan adalah "            kemampuan Pendekatan, "yang dikemukakan  oleh Amartya Sen dan Martha Nussbaum. Sen dan Nussbaum berbagi intuisi Kantian otonomi yang merupakan nilai manusia yang penting. Mereka mengkritik langkah-langkah tujuan kesejahteraan sosial,     karena manusia bebas mungkin cukup memilih untuk tidak mengejar hasil ini. Sebagai contoh, beberapa komunitas berkomitmen untuk agama dan bukan kemakmuran.    Itu Fakta bahwa biarawan tidak makan makanan yang mewah tidak berarti bahwa mereka tidak memiliki kesejahteraan. Demikian juga, seorang individu dapat memilih kesulitan untuk menjadi lebih dekat dengan alam dunia atau diri sejati nya. Di sisi lain, Sen dan Nussbaum menolak Gagasan bahwa otonomi adalah hanya masalah pilihan bebas. Pertama-tama,       beberapa pilihan yang sebenarnya merugikan kepentingan        sejati.
       Individu  yang menggunakan narkotika dan zat adiktif merupaka sebuah contoh. pilihan lain mencerminkan arti sempit apa yang mungkin, dibatasi oleh kebiasaan atau  budaya. Selain itu, sesorang perlu melihat lebih jauh sebelum mereka benar-benar otonom: misalnya, pendidikan, hak-hak hukum, dan rasa harga            diri. Oleh karena itu, Sen dan Nussbaum merekomendasikan kemampuan sebagai kriteria keadilan sosial. Dalam masyarakat yang baik, setiap orang memiliki kemampuan inti tertentu, seperti kerja, bermain, membesarkan anak-anak, berpartisipasi dalam politik, dan menghargai alam dan seni. kemampuan ini dapat dinyatakan dalam berbagai cara atau bahkan yang   hilang, tergantung pada pilihan bebas dari individu. Untuk Misalnya, jika saya memiliki kemampuan untuk membesarkan anak-anak        tetapi memilih untuk tidak bertindak di atasnya, tidak ada ketidakadilan. Dalam    Sen terminologi, saya mungkin memiliki "kemampuan" tapi tidak "Berfungsi" dari orang tua. Keadilan diukur dengan jumlah obyektif dan distribusi kemampuan, tida functionings. Kemampuan Pendekatan akan mendukung tertentu bentuk pemuda keterlibatan sipil, karena beberapa alasan.Pemuda sendiri akan mengembangkan satu  tertentu kemampuan, yaitu, partisipasi politik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar